Rabu, 20 Agustus 2014

PROFIL PENDIDIKAN BIOLOGI UMM

Prodi Pendidikan Biologi berdiri tahun 1983 dan saat ini memperoleh status akreditas A Prodi ini bertujuan mengembangkan kemampuan akademik sebagai calon guru profesional, kemampuan scientific sebagai peneliti, dan karakter kemandirian sebagai wirausaha atau entrepreneur.



Terkait pembelajaran, prodi ini menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan metode lesson study. Untuk mendukung metode tersebut, terdapat sistem pengendalian mutu pembelajaran yang melibatkan stekeholders (dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, penentu kebijakan) dalam penyusunan kurikulum ajaran yang berpusat pada pembelajaran yang dimonitor dan dievaluasi secara berkala, konsisten serta dimanfaatkan untuk peningkatan mutu pembelajaran.
Demi memperkuat kemitraan, prodi Biologi telah bekerjasama dengan Kehati, Dirjen Dikti, BLKP Wonojati, Taman Nasional Blauran dan Meru Betiri, Kebun Binatang Surabaya (KBS), Kebun Raya LIPI Purwodadi, dan lain-lain. Secara akademik, prodi ini juga bermitra dengan Sekolah Muhammadiyah se-Malang Raya, Jasa Tirta, Universitas Teknologi Malaysia tentang kualitas air, AIESEC, Beasiswa Djarum dan Anak Yatim.

Visi, Misi dan Tujuan
Visi :

Menjadi Program Studi terkemuka dalam pengembangan Pendidikan Biologi berdasarkan nilai-nilai Islam
Visi ini ditargetkan akan tercapai pada tahun 2015.

Misi :

  1. Menyelenggarakan penelitian di bidang Pendidikan dan IPTEK Biologi bermanfaat bagi pengemban masyarakat.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Biologi yang bermutuuntuk menghasilkan tenaga pendidikan Biologi yang profesional dan berkepribadian islami.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pendidikan dan IPTEK Biologi untuk mewujutkan masyarakat yang cerdas, kreatif dan sejahtera.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mutu Prodi.
  5. Menyelenggarakn tata kelola kelembagaan Progran Studi secara efektif dan efisien untuk menunjang peningkatan mutu Prodi.

Tujuan :

  1. Terlaksananya Pendidikan Biologi yang bermutu untuk menghasilkan pendidikan Biologi yang profesional dan berkepribadian islami.
  2. Terlaksanaya penelitian di bidang Pendidikan dan Biologi untuk menghasilkan pendidikan Biologi yang bermanfaat bagi perkembangan IPTEK dan pengembangan masyarakat.
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pendidikan dan IPTEK Biologi untuk menghasilkan pendidik yang dapat mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangan ilmu pendidikan dan IPTEK Biologi guna meningkatkan mutu Prodi.
  5. Terlaksanya tata kelola kelembagaan yang efektif dan efisien untuk menjamin mutu Prodi.

0 komentar:

Posting Komentar